Posted on / by dubaiqatar

Bagaimana Membedakan Baja 201 Dan 304?

 Ada beberapa keluarga baja tahan karat dengan sifat fisik yang berbeda. Menurut American Iron and Steel Institute, stainless steel bisa menjadi numerik dan direpresentasikan secara numerik seperti 200 seri, 300 seri, 400 seri, di mana kedua 201 dan 304 adalah baja yang umum digunakan yang memiliki sifat tahan korosi yang baik, dan permesinan yang baik dan kinerja pemolesan. Seperti yang kita semua tahu, mereka dapat dianggap sebagai pengganti satu sama lain dalam beberapa aplikasi. Jadi apa bedanya?

1. Komposisi kimia yang berbeda

Komposisi Kimia adalah kunci untuk mempelajari dan menentukan sifat fisik dari 201 dan 304

2. Harga berbeda

304 lebih mahal daripada 201 karena penambahan nikel, yang juga mengarah pada ketahanan korosi yang lebih baik daripada 201.

3. Penampilan yang berbeda

304 tabung dan lembaran menawarkan kecerahan yang lebih baik dan tidak mudah berkarat. 201 mengandung lebih banyak konten mangan tinggi dengan permukaan ligh gelap, mudah berkarat.

4. Ketangguhan yang berbeda

Bahan stainless steel 201 relatif lebih keras daripada stainless steel 304, yang lebih ulet, tahan lelah jauh lebih baik daripada 201.

5. Aplikasi yang berbeda

Baja 201 dapat digunakan sebagai bahan pengganti baja 304 karena ekonomis. Ini memiliki proses magnetik setelah dingin dan digunakan di bidang kualitas kendaraan kereta api atau dekorasi bangunan dengan persyaratan yang kurang ketat. Dan 304 adalah baja tahan panas yang paling banyak digunakan, terutama digunakan dalam peralatan produksi makanan, peralatan kimia, energi nuklir dan sebagainya.

Bagaimana cara membedakan 201 dan 304?

  1. Metode identifikasi percikan. Jumlah, bentuk, bifurkasi, dan warna bunga api yang dihasilkan oleh oksidasi berbagai elemen di bawah kondisi penggilingan besi dan baja dengan gesekan kecepatan tinggi dan suhu tinggi akan berbeda karena jenis baja yang berbeda. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi komposisi kimia (elemen penyusun) dan perkiraan kandungan bahan. Gunakan mesin penggiling dengan roda gerinda untuk memoles dengan lembut baja stainless 304 dan 304, percikan 201 lebih lama, lebih tebal, lebih banyak, dan garpu ekor, sedangkan 304 stainless percikan baja lebih pendek, tipis, kurang, dan garpu ekor. Perhatikan penggilingan untuk memastikan bahwa metode pengujian konsisten untuk memfasilitasi perbedaan.
  2. Identifikasi solusi uji stainless steel. Juga dikenal sebagai ramuan pengawetan stainless steel, ramuan ini dan reaksi kimia permukaan stainless steel dan menghasilkan warna yang berbeda, dapat dengan jelas menentukan model pelapisan stainless steel stainless steel. Oleskan krim pengawet stainless steel ke 201 dan 304 jenis tabung stainless steel masing-masing dan amati perubahan warna tabung baja setelah 2 menit. Warna merah adalah 201 material dan hijau muda atau tidak berwarna adalah 304 material.

Ketika stainless steel dipilih karena ketahanannya terhadap korosi, penting untuk memilih grade yang tepat untuk memenuhi lingkungan dan aplikasi.

Kenapa Stainless Steel 304 lebih baik dibanding yang lainnya?
Alasannya, karena bentuk dan hasil akhir dalam pengerjaan stainless steel 304 terkesan jauh lebih baik dan rapih dibanding stainless lainnya. Hal ini disebabkam karena stainless steel 304 memiliki karakteristik bentuk yang mudah saat dilas.

Oleh karena itu, penting bagi anda sebelum membuat produk stainless steel atau membeli produk stainless, pastikan berbahan stainless 304. Material stainless 304 sering digunakan oleh perusahaanperusaan besar tanah air, misalnya untuk food pan, grease trap, steamer, gas oven burner dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan